Senin, 09 Agustus 2010

MENURUNKAN BOBOT PUN PERLU PERSIAPAN

Photobucket


Ternyata ya .. mau kurus gak bisa terburu-buru.  Sama kayak orang mau maju perang,  harus ada perencanaan dan persiapan yang matang.  Menurutkan bobot kabarnya justru peperangan yang paling sulit,  karena anda harus melawan diri anda sendiri.

Berikut ini 8 langkah merencanakan penurunan bobot tubuh anda agar hasilnya optimal dan gak naik - turun.

Langkah 1 : Tentukan target yang realistis

Tentukan secara jelas dan realistis berapa bobot yang ingin anda kurangi. Ingat, Realistis! Jadi jangan paka angka-angka yang fantastis.  Mulailah dengan menurunkan 10% dari bobot anda saat ini. Saat anda berhasil mencapai target awal ini,  maka diri anda akan lebih bersemangat menjalani program selanjutnya.


 Langkah 2 : Lupakan program "instant"

Pilahlah target penurunan jumlah bobot yang sudah anda tetapkan tadi dalam target mingguan yang realistis.  Untuk tetap sehat selama program penurunan bobot, ingatlah bahwa penurunan bobot yang sehat berkisar antara 1 - 1,5kg/minggu maks. 2kg.  Jangan memaksa diri lebih dari angka ini tanpa dibawah pengawasan dokter karena cenderung akan membahayakan kesehatan anda


Langkah 3 : Belajar dari kesalahan program diet lama anda

Coba evaluasi kegagalan program diet yang anda jalani sebelumnya,  pelajari kesalahan yang anda lakukan dan buatlah rencana perbaikannya d program anda sekarang ini.  Misalnya : Bangun 15 menit lebih awal agar tidak buru2 ketempat kerja dan lupa sarapan sehingga jam 10 sudah kelaparan. Rencanakan kegiatan-kegiatan yang memang mungkin anda lakukan daripada merencanakan kegiatan yang mengada-ngada.  Misalnya akan jauh lebih baik merencanakan bangun 30 menit lebih cepat supaya bisa jalan kaki ke halte feeder busway daripada merencanakan untuk bangun jam 5 pagi dan lari pagi 20 putaran ditaman kompleks.

Langkah 4 : Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jangan terlalu keras pada diri anda sendiri,  karena hal itu justru membuat anda lebih cepat berputus asa sebelum tujuan anda tercapai.  Lakukanlah program diet yang nyaman bagi anda. Dari 7 hari dalam satu minggu anda bisa membebaskan 1 hari dari program diet anda untuk sedikit lebih "longgar" dan memanjakan diri.

Langkah 5 : Berolah-ragalah!!

Paksalah diri anda untuk berolahraga, meski hanya mengikuti gerakan senam ringan lewat VCD, atau jalan kaki atau melakukan gerakan-gerakan aerobik ringan.  Mungkin sulit menaklukan kemalasan berolah-raga anda namun begitu anda terbiasa bergerak dan berkeringat, you will love it. Percaya deh.

Langkah 6 : Pertimbangkan hambatan-hambatan disekeliling anda

Perhatikan dan kenali hambatan-hambatan disekelling anda dan pertimbangkan hal-hal tersebut dalam penyusunan program penurunan bobot anda. Sangat penting untuk mengenali hambatan dan mencari upaya mengatasinya *bisa perlu minta bantuan orang lain*  agar anda tidak menjadi frustasi dengan hambatan itu dan menghentikan keseluruhan program.

Langkah 7 : Bertanggung-jawablah

Pahamilah bahwa hanya anda yang bisa mengontrol keinginan dan niat kuat anda menjalani program penurunan bobot ini.  Lakukanlah karena anda bertanggung jawab atas kesehatan diri anda sendiri dan lebih jauh pikirkanlah bahwa anda harus menurunkan bobot bukan semata-mata untuk kenyamanan penampilan melainkan untuk kesehatan dan kelangsungan hidup anda.  Anda tenttu ingin lebih lama bisa berada bersama keluarga anda kan.

Langkah 8 : Berpikirlah tentang sehat bukan kurus

Ubahlah mindset anda bahwa program penurunan bobot yang anda lakukan bukan untuk membuat anda menjadi kurus langsing bak foto model dan pragawati. Bukan.  Anda melakukannya untuk menjadi lebih sehat dan lebih bugar. Kebiasaan berdsiplin dalam program ini juga baik untuk mendisiplinkan diri anda.  Jadi fokuskan pikiran anda pada hal-hal positif yang lebih besar daripada sekedar menjadi kurus dan langsing.

Ingatlah bahwa menjadi kurus dan langsing hanyalah bonus tambahan dari upaya anda mengubah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat.  Selama anda sehat dan bugar,  tanpa harus kurus dan langsing, anda akan tetap terlihat menarik.

Baca juga :


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar