Minggu, 08 Agustus 2010

Tips Tetap Bugar Saat Puasa

Banyak dari kita yang saat berpuasa justru terlihat lesu dan loyo,  padahal seharusnya puasa bukan alasan untuk menjadkan diri kita lemas, sebaliknya puasa justru harus membuat kita lebih sehat.  Puasa secara fisiologis berfungsi sebagai detox untuk membersihkan pencernaan dari makanan2 tak sehat yang kita konsumsi selama ini.

Soal bagaimana puasa mendetox kita akan dibahas ditulisan terpisah ya ... Sekarang mau sharing tips agar tetap bugar selama berpuasa.

  1. Jangan Pernah Tidak Sahur.  Meski ngantuk dan badan belum terbiasa -terutama diawal2 ramadhan- jangan pernah tidak makan sahur.  Sahur sangat penting. Cukupkan gizi yang dibutuhkan sepanjang hari saat sahur. Jangan banyak makan yang manis-manis karena makanan manis justru membuat tubuh cepat merasa lapar.
  2. Jangan Tinggalkan Olah Raga. Tetaplah lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka untuk tetap menjaga metabolisma tubuh serta membakar kalori.
  3. Kendalikan Emosi. Emosi terutama amarah mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan jiwa dan raga.  Kendalikan emosi anda dengan banyak mengingat ALLAH SWT.
  4. Konsumsi Cukup Air. Pastikan selama berpuasa kebutuhan air putih  anda tercukupi.  Jaga asupan min 1 liter air.hari namun sangat tergantung juga dari besarnya tubuh anda. Ingatlah bahwa air sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda.
  5. Jangan Tunda Berbuka. Segeralah berbuka dengan makanan manis dan mnuman hangat.  Hindari minuman bersoda dan makanan yang pedas juga makan langsung dalam porsi besar.
  6. Makanlah Secara Bertahap.  Jangan makan secara langsung banyak. Lakukan secara bertahap.  Mulai dengan makanan ringan lalu lakukan shollat magrib dan baru makan berat yang bergizi.  Tetap jangan makan terlalu banyak untuk menjaga anda tidak menjadi mengantuk karena banyak ibadah yang baik untuk anda jalankan selama ramadhan.


Photobucket

Baca juga :


    Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

    0 komentar:

    Posting Komentar